Ponsel Pintar dan Keterikatannya Dengan Manusia

Mengapa ponsel pintar dapat membuat orang-orang tertarik? Tentu bukan sekadar sisi desain yang selalu berinovasai atau sekedar menghubungkan kedekatan antar komunitas. Pada dasarnya ponsel pintar mampu merasuk serta mengisi kekosongan hati setiap manusia yang meski sifatnya hanya sementara. Beberapa hal dibawah ini  adalah alasan-alasan mengapa manusia mencintai ponsel pintarnya:

1. Bagian Perluasaan Kebutuhan Kemanusian
Kesadaran mengenai tentang diri sendiri sudah dimulai semenjak dalam kandungan. Namun, seiring perkembangan pemahaman manusia mulai tumbuh dengan pesat setelah lahir. Bayi-bayi yang baru lahir menggantungkan kehidupan pertamnya terhadap pengasuh utama sampai selanjutnya pada benda yang dirasa mampu mengembangkan perluasan diri mereka (extended self).

Di awal masa kanak-kanak misalnya, bayi serta balita bisa tiba-tiba menangis bila mereka kehilangan dot atau boneka mainan favorit mereka, benda-benda seperti itulah yang merupakan bagian dari diri manusia yang diperluas. Di masa kini banyak orang dengan rasa demikian. Hal itu dapat terlihat dari betapa seringnya sebagian besar dari kita mengecek ponsel pintaryang kita punya.

Banyak dari kita merasa kecemasan yang teramat sangat sewaktu ada keadaan atau seseorang yang menghalangi untuk mengecek ponsel mereka selama kurang lebih 15 menit.

2. Mengingatkan hubungan penuh kasih sayang
Pengalaman dimasa kecil mampu membentuk kepribadian, hubungan manusia dengan teknologi sama percis dengan lingkungan yang telah orang tua kita ciptakan sewaktu merawat kita. Lingkungan ini, bekerja pada sentuhan, kesadaran yang tajam perihal kebutuhan bayi, serta memelihara dan membangun kontak mata. Dengan cara kerja yang serupa, kita sebagai orang yang dewasa, mengalami kembali ingatan tentang sentuhan serta rasa memiliki lewat ponsel pintar kita. Teknologi memberi ruang di mana kita dipuaskan, bermain, serta merasa lebih hidup dengan ruang yang dimasa sebelumnya dilakukan oleh pengasuh.

3. Memenuhi kebutuhan untuk memproduksi dan mereproduksi
Ponsel pintar membantu kita untuk melakukan semua hal. Memotret, memanipulasi gambar, berdiskusi dengan komunitas, memilih selfie demi dipamerkan, dan menjangkau banyak hal lainnya. Mengirim pesan dengan bolak balik membuat kita dapat menjalin percakapan bersama-sama.

Melalui mesin pencarian, kita menjadi bertambah luas pengetahuan. Dengan ponsel pintar dalam hidup ini, tubuh dapat mendengar deringan merasakan getaran meski tidak ada notifikasi atau telepon masuk, sebuah pertanda yang banyak peneliti ahli hubungkan dengan bentuk ketergantungan manusia yang kian besar pada ponsel pintar.

Hidup bersama teknologi ponsel pintar
Manusia dapat merasa kecewa bila membatasi ruang pada layar kecil ponsel pintar tersebut. Pada dasarnya manusia memerlukan ruang dengan hubungan yang dalam, tempat dapat beristirahat, bermain, serta menemukan satu dengan yang lainnya dalam satu bentuk komunitas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *